Taiwan Niat Beli F-16 dari AS

Selasa, 23 Februari 2010 17:14 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Pesawat F-16 yang diincar Taiwan (Foto: wired.com) Pesawat F-16 yang diincar Taiwan (Foto: wired.com) TAIPEI - Gencarnya upaya Taiwan untuk menambah sistem pertahanan sepertinya semakin tidak terbendung. Kali ini Taiwan berencana untuk membeli pesawat tempur dari Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat jajaran militernya.

Negara pulau tersebut, berencana untuk membeli pesawat tempur F-16C/D sebagai bagian rencana mereka untuk menangkal serangan dari China, jika Negeri Macan Asia tersebut akan menyerang saat Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan mereka.

Selain berencana membeli pesawat tempur, Taiwan juga akan membeli kapal selam berteknologi canggih dari Negeri Paman Sam. Keinginan Taiwan untuk membeli peralatan militer terbaru ini terbesit setelah pihak Washington memaparkan kelemahan dari sistem pertahanan Taiwan saat ini.

"Meskipun Taiwan memiliki sekira 400 pesawat tempur, banyak dari pesawat tersebut secara operasional tidak mumpuni," menurut laporan pihak intelijen di Washington yang bocor ke media.

Sementara Perdana Menteri Taiwan Wu Den Yih menyatakan, jika Pemerintah Taiwan akan terus mendiskusikan rencana pembelian. "Pemerintah tidak akan pemerintah menyerah untuk melakukan pembelian atas peralatan militer yang dibutuhkan Taiwan," ungkap Wu Den Yih seperti dikutip AFP, Selasa (23/2/2010).

Juru Bicara Kementrian Pertahanan Taiwan Yu Sy Tue mengharapkan, agar AS akan terus menyediakan Taiwan peralatan militer, agar negara itu mampu memperkuatan jajaran pertahanannya.

Saat ini Angkatan Udara Taiwan didukung oleh peralatan yang sudah menua, di antaranya 60 pesawat tempur F-5s, 126 pesawat tempur buatan lokal, IDF, 146 pesawat tempur F-16A/B dan 56 pesawat tempur buatan Prancis, Mirages. (faj) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »