7 Kolaborator Teroris ETA Ditahan Petugas Spanyol

Selasa, 28 September 2010 14:46 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Grafiti mendukung ETA terlihat di Spanyol (Foto: AFP) Grafiti mendukung ETA terlihat di Spanyol (Foto: AFP) MADRID - Tujuh orang yang dianggap sebagai kolaborator kelompok separatis Basque (ETA), ditangkap oleh pihak berwenang Spanyol. Ketujuh orang itu ditangkap pada Selasa dini hari di wilayah Basque yang dikuasai Spanyol.


Mereka ditengarai sebagai bagian dari kelompok radikat Askapena, yang dianggap sebagai pengatur propaganda ETA untuk dunia internasional. 
Kelompok ini juga merupakan cabang dari ETA yang dilengkapi dengan persenjataan kuat dan dianggap sebagai kelompok teroris di Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Selasa (28/9/2010), hingga kini pihak ETA sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai penangkapan dari anggota kelompoknya.

ETA dianggap sebagai otak tewasnya 829 jiwa selama aksi gerilyanya menuntut kemerdekaan wilayah Basque yang terdapat di wilayah utara Spanyol dan barat laut Prancis. 
Mereka sempat mengumumkan gencatan senjata permanen pada bulan Maret 2006, setelah pemerintahan sosialis Spanyol bersedia untuk melakukan pembicaraan dengan kelompok itu.

Namun gencatan senjata itu mereka langgar sendiri dengan meledakan sebuah bom di pelataran parkir Bandara Madrid pada Desember 2006. 
Usai insiden tersebut, Pemerintah Spanyol memutuskan untuk mengambil langkah keras terhadap ETA dan sayap politiknya, Batasuna. 
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »