Pernikahan William-Kate

Beredar Data Rahasia Pernikahan Pangeran Charles-Diana

Rabu, 27 April 2011 17:18 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Buku program pernikahan Charles-Diana (Foto: Vanity Fair) Buku program pernikahan Charles-Diana (Foto: Vanity Fair) LONDON - Sebuah buku rahasia keluaran kerajaan Inggris, yang mengetengahkan program pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada 1981 silam, terbongkar di muka publik. Buku kecil itu, dahulu adalah buku kerajaan yang menjadi dokumen rahasia. Namun kini dijual hanya 50 pence.


Buku setebal 25 halaman tersebut, lengkap membahas prosesi pernikahan dari Pangeran Charles dan Putri Diana saat itu. Buku petunjuk itu menyebutkan secara detail prosesi kedatangan pengantin, upacara dan pemberkatan dari pernikahan serta dipublikasikan dengan izin dari Ratu Elizabeth. 

Menarik melihat isi dari buku tersebut. Pada halaman depannya, terpampang jelas lambang kerajaan dari Pangeran Charles. Kemudian, terdapat juga sambutan dari Uskup Agung Cartenbury yang memimpin pernikahan Charles dan Diana.

Pada halaman berikutnya, dijelaskan prosesi kedatangan rombongan pernikahan dalam hal ini Ratu Elizabeth II dari Istana Buckingham menuju Katedral St.Paul, yang menggunakan kereta kuda serta para pengawalnya. 

Bukan hanya prosesi dari kedatangan Ratu Elizabeth, dalam buku itu, disebutkan pula prosesi kedatangan dari calon pengantin yakni Pangeran Charles serta Putri Diana. Termasuk juga pengaturan dari kedatangan  keluarga dari Diana.

Disebutkan pula siapa saja yang berada di dalam kereta kuda yang membawa para rombongan pengantin dari Istana Buckingham menuju Katedral St.Paul. 

Kemudian, selesai dengan prosesi kedatangan, dilakukan pula penyambutan kedatangan para keluarga kerajaan serta pengantin. Serupa dengan proses kedatangan, pada saat kedatangan pun diperhatikan satu per satu, mulai dari Ratu Elizabeth hingga ke pengiring terakhir.

Khusus pada para pengantin, prosesi penyambutan ini berlangsung spesial karena memang mereka berdua yang menjadi bintang acara saat itu. 

Selain menampilkan susunan acara, buku tersebut juga memperlihatkan rute yang ditempuh dari rombongan pengantin serta keluarganya dari Istana Buckingham menuju Katedral St.Paul. 

Buku ini juga menyebutkan susunan musik yang dimainkan selama upacara pernikahan berlangsung, lengkap juga dengan para musisi yang memainkan repertoir musik pengirim pernikahan.

Namun yang terpenting dari buku ini adalah, pengambilan sumpah suami-istri dari Pangeran Charles dan Putri Diana sebagai bukti bahwa mereka telah disatukan sebagai pasangan suami-istri, serta acara sakral pemberkatan atas pernikahan keduanya. 

Usai upacara keagamaan yang mensahkan keduanya sebagai pasangan suami istri, acara pun dilanjutkan dengan rombongan meninggalkan Katedral St.Paul menuju Istana Buckingham. Prosesinya pun serupa dengan prosesi kedatangan. 
Namun pada urutan terdepan, kereta kuda yang membawa pengantin yakni Pangeran Charles dan Putri Diana terlebih dulu berjalan. Setelah itu baru diikuti oleh Ratu Elizabeth dan rombongan lainnya.

Merujuk buku tersebut, bisa saja susunan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, tidak jauh berbeda dengan pernikahan ayah dan ibunya.

Namun, terdapat sedikit perbedaan adalah rute yang akan dilalui oleh rombongan pengantin pada 29 April mendatang. Pangeran William dan Kate Middleton nantinya akan melalui rute dari Gereja Westminster Abbey menuju Istana Buckingham dan melewati beberapa tempat, termasuk kantor Perdana Menteri Inggris di Downing Streets.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »