Angin Topan Mengamuk di Filipina, 436 Orang Tewas

Minggu, 18 Desember 2011 06:29 wib | Aulia Akbar - Okezone

Mobil terbalilk setelah dihantam angin topan (foto:yahoonews) Mobil terbalilk setelah dihantam angin topan (foto:yahoonews) CAGAYAN DE ORO - Angin topan menerjang Filipina dan menyebabkan banjir serta tanah longsor. Sekira 436 orang tewas dalam insiden bencana alam tersebut. Puluhan ribu rumah juga hancur.

Sekretaris Jenderal Palang Merah Filipina (PNRC) Gwendolyn Pang mengatakan, angka kematian dari bencana alam ini dikhawatirkan terus meningkat.

"Laporan mengenai korban jiwa kami dapat lewat perhitungan jumlah jenazah yang diketemukan. Jenazah itu dibawa ke tempat pemakaman," ujar Pang, seperti dikutip Reuters, Minggu (18/12/2011).

Angin Topan Washi menyerang Pulau Mindanao yang terletak di bagian selatan Filipina, tepatnya di Kota Cagayan de Oro dan Iligan pada Jumat kemarin dan menyebabkan hujan badai. Beberapa maskapai penerbangan juga terpaksa ditunda, akibat munculnya angin topan tersebbut.

Para petugas huru hara, militer, dan kepolisian Filipina tampak bahu-membahu dalam melakukan evakuasi di tempat kejadian perkara.

Menurut Pemerintah Filipina, sekira 100 ribu warga saat ini hidup dalam pengungsian karena rumah mereka sudah hancur.

"Saya tidak dapat menjelaskan apa yang terjadi saat ini. Seluruh desa tersapu oleh banjir bandang. Saya bahkan tidak pernah melihat bencana banjir seperti ini," ujar pejabat militer Filipina Kolonel Leopold Galon.

Galon juga membandingkan insiden bencana alam di Filipina pada 2009 yang menyerang Kota Manila dan menewaskan ratusan orang.

Televisi lokal Filipina juga menayangkan proses evakuasi korban di Pulau Mindanao tersebut. Helikopter dan juga kapal dikerahkan oleh Pemerintah Filipina untuk menyelamatkan para korban.

Presiden Filipina Benigno Aquino juga akan segera mengadakan rapat dengan anggota kabinetnya untuk membahas insiden bencana ini. Aquino juga akan segera memeriksa lokasi bencana alam setelah Natal.

(amr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »