Eks Bos IMF Tiba-tiba Muncul di China

Senin, 19 Desember 2011 14:05 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Strauss-Kahn di China (Foto: AP) Strauss-Kahn di China (Foto: AP) BEIJING - Mantan Direktur International Monetery Fund (IMF) yang lengser akibat terkait skandal seks, tiba-tiba saja menampakan batang hidungnya di Beijing, China. Dominique Strauss-Kahn sepertinya sudah melupakan tuduhan kasus pemerkosaan yang diarahkan padanya.


Berbicara pada sebuah acara yang diadakan oleh sebuah perusahaan internet China NetEase.com Inc, politisi Prancis tersebut tidak menyebutkan sama sekali tentang penangkapannya usai kasus pemerkosaan yang terjadi di New York City, AS. Demikian diberitakan Associated Press, Senin (19/12/2011).

Kehadirannya di Beijing tentunya menimbulkan keheranan mengapa Strauss-Kahn dengan mudah bepergian setelah terungkapnya kasus yang membuatnya kehilangan jabatan Direktur IMF.

Selama di China, Strauss-Kahn tidak menceritakan sedikitpun mengenai kasus pemerkosaan yang menimpa dirinya. Termasuk juga penangkapannya yang dialaminya Mei lalu. Memang kasus itu sendiri, gagal diteruskan karena terkuaknya pertanyaan mengenai kredibilitas penuduh pemerkosaan.

Jaksa New York sebelumnya membatalkan dakwaan yang dituduhkan kepada Strauss-Kahn atas kasus pemerkosaan terhadap Nafissatou Diallo. Diallo yang merupakan pegawai hotel Sofitel New York, dianggap telah berbohong atas tuduhan tersebut.

Selesai dari kasus Diallo, pria berusia 63 tahun tersebut dihadapkan pada tuduhan serupa di Prancis. Seorang penulis muda Prancis menuding politisi Partai Sosialis Prancis tersebut telah melakukan pemerkosaan kepadanya.

Tetapi hingga saat ini kasus Strauss-Kahn dengan Tristane Banon masih belum menemui kejelasan. Ada kabar bahwa perempuan berusia 32 tahun tersebut mencabut segala tuduhan yang diarahkan kepada Strauss-Kahn.

Meski dicerca di Prancis dan AS, Strauss-Kahn sepertinya mendapatkan penghormatan di China. Sebagai bukti, banyak ekonom China menilai Strauss-Kahn telah memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi global, saat dirinya masih menjadi Direktur IMF.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »