Ulama Al Qaeda Ajak Muslim AS Bergabung

Rabu, 21 Desember 2011 08:23 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Anwar al-Awlaki (Foto: SITE) Anwar al-Awlaki (Foto: SITE) DUBAI - Ulama ternama jaringan teror Al Qaeda Anwar al-Awlaki yang tewas dalam serangan pesawat pengebom Amerika Serikat (AS) September lalu, mengajak warga Muslim AS untuk bergabung dengan Al Qaeda. Ajakannya ini dirilis dalam sebuah rekaman video.


Video tersebut dikeluarkan pada Selasa 20 Desember kemarin pada sebuah website yang biasa menyiarkan video Al Qaeda. AS selama ini menyebut Awlaki sebagai Kepala Operasi dari Al Qaeda Yaman dan menjadi penanggung jawab atas website propaganda Al Qaeda.

"Kalian punya dua pilihan. Entah itu hijrah atau jihad. Saya mengundang para pemuda untuk berjuang di barat atau bergabung dengan saudara mereka dalam jihad di Afghanistan, Irak dan Somalia," ucap Awlaki dalam rekaman video intelijen SITE seperti dikutip Reuters, Rabu (21/12/2011).

"Saya mengundang mereka untuk berjuang di Yaman, dimana jihad dari Semenanjung Arab akan dimulai. Disini, pasukan kami akan bergerak maju," tegasnya.

Awlaki diimplikasikan sebagai otak percobaan serangan yang gagal terhadap sebuah pesawat komersil milik AS, 2009 lalu. Dirinya juga memiliki kontak langsung, terhadap seorang prajurit AS yang membunuh sekira 13 orang dalam sebuah pangkalan militer AS di tahun yang sama.

Sementara video terbaru ini sebenarnya masuk dalam video pesan Awlaki pada Maret 2010 lalu. Tetapi menurut SITE, pesan ajakan untuk bergabung Al Qaeda ini tidak ada dalam rekaman tersebut. 
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »