Suu Kyi Resmi Daftar Jadi Caleg

Rabu, 18 Januari 2012 21:15 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Aung San Suu Skyi  (Foto: AFP) Aung San Suu Skyi (Foto: AFP) MYANMAR - Tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya resmi mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif Myanmar. Dirinya mengincar kursi legislator wilayah dekat Yangon.


Peraih Nobel Perdamaian 1991 ini menyerahkan formulir pendaftarannya secara resmi di Kawhmu, dekat Yangon. Wilayah itu sebelumnya hancur akibat bencana Topan Nargis 2008 silam.

"Aung San Suu Kyi menjadi anggota Partai Liga Nasional untuk Demokrat (NLD) yang sudah menyerahkan pendaftaran calon anggota legislatif. Dia mengincar kursi di parlemen," ucap tokoh senior NLD Win Htein seperti dikutip AFP, Rabu (18/1/2012).

Sementara Partai NLD sendiri sudah diberi izin oleh pemerintah untuk kembali ke arena politik di Myanmar, menyusul reformasi yang digaungkan oleh pemerintahan sipil saat ini. NLD bahkan sudah melakukan dialog dengan pihak pemerintah selama beberapa kali, yang turut menyertakan Presiden Thien Shie.

NLD sebelumnya dilarang untuk turut serta dalam politik Myanmar pada 2010 lalu, setelah memutuskan untuk melakukan boikot terhadap hasil pemilu November. Saat itu, NLD memprotes kemenangan yang diraih oleh Partai Solidaritas dan Perkembangan (USDP) yang diisi oleh para pensiunan jenderal.

Total 48 suara yang akan diperebutkan dalam pemilu parlemen yang akan berlangsung April ini. Keikutsertaan Suu Kyi diyakini akan memberikan dorongan baru dari kredibilitas parlemen Myanmar yang dikuasai oleh USDP.

"Saya jamin pemilu akan berlangsung adil dan bebas," ucap Ketua Parlemen Myanmar Shwe Mann. Dirinya pun mengatakan tidak ada pilihan lain bagi negaranya untuk merengkuh demokrasi. 

Suu Kyi mengindikasikan bahwa dirinya akan mengambil posisi penting dalam pemerintah. Namun tidak jelas posisi apa yang akan dipegangnya, semua itu tergantung pada situasi yang berkembang saat ini.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »