Marty: Asean Harus Berbasiskan Masyarakat

Jum'at, 20 Januari 2012 19:02 wib | Aulia Akbar - Okezone

Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone) Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone) JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa mengatakan, seiring perkembangan zaman dan juga perkembangan di Asean. Asean haruslah menjadi sebuah organisasi yang berbasiskan masyarakat atau people centered.


"Asean harus menjadi sebuah organisasi yang berbasiskan masyarakat. Asean sejak dulu berupa asosiasi, namun saat ini Asean akan berkembang menjadi sebuah komunitas. Oleh karena itulah, rasa kepemilikan masyarakat terhadap Asean harus ada," ujar Marty dalam perayaan ulang tahun ke 14 di Hotel Kempinski, Jakarta (20/1/2012).

Marty menjelaskan, perlu diadakan sejumlah aktifitas yang melibatkan masyarakat di negara anggota Asean guna mensukseskan pembentukan komunitas Asean. Bagi Marty,pembentukan komunitas Asean tidak bisa hanya dengan penandatanganan sebuah perjanjian, dan pertemuan antar para pejabat tinggi.

Mantan wakil tetap RI untuk PBB itu tampak menyoroti perkembangan dari jejaring sosial yang mempermudah interaksi dan komunikasi bagi para masyarakat negara anggota Asean. Jejaring sosial juga akan membantu kesuksesan dari sejumlah aktivitas Asean.

Pada peringatan ulang tahun ke-14 Asean Foundation, Marty pun mengingatkan bahwa Asean Foundation akan sangat berperan untuk membuat Asean menjadi organisasi yang berbasiskan masyarakat dan menumbuhkan identitas Asean di kalangan masyarakat. 

Asean Foundation dibentuk pada Asean Summit 1997 di Kuala Lumpur Malaysia, lembaga itu juga sering disebut sebagai lembaga yang akan membawa Asean menjadi komunitas Asean.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »