Saleh Ingin Cari Suaka di Oman

Rabu, 25 Januari 2012 16:01 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh (reuters) Foto : Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh (reuters) MUSKAT - Presiden Yaman yang sudah demisioner, Ali Abdullah Saleh, berniat untuk meminta suaka politik ke Oman. Meski demikian, Kesultanan Oman tampaknya enggan untuk memberinya suaka karena khawatir akan merusak hubungan bilateralnya dengan Yaman.

Saleh meninggalkan Kota Sanaa, Yaman pada Minggu pekan lalu dan bergerak menuju Amerika Serikat (AS) untuk menjalani perawatan medis. Saleh juga dikabarkan sempat singgah di Oman.

Seorang diplomat di Muskat, Oman mengatakan, Saleh sebelumnya meminta izin untuk tinggal di Oman. Namun Pemerintah Oman menolak untuk berkomentar terkait kabar permintaan suaka politik yang diajukan Saleh. Oman hanya mengatakan, negaranya enggan memberikan suaka politik itu karena khawatir akan rusaknya hubungan Oman dan Yaman.

Juru bicara Kedutaan Besar Yaman di AS Mohammed Albasha menyebutkan, laporan yang mengatakan bahwa Presiden Saleh meminta suaka politik di Oman atau AS adalah omong kosong. AS juga hanya mengeluarkan visa bagi Saleh.

"Kami yakin, ketidakhadiran Saleh di Yaman akan membantu proses transisi demokrasi setelah Saleh turun dari jabatannya. Transisi demokrasi juga akan memberikan efek positif terhadap penegakkan HAM warga Yaman," ujar juru bicara Gedung Putih Jay Carney, seperti dikutip Reuters, Rabu (25/1/2012).

Carney menegaskan, salah satu fokus kebijakan AS adalah menghindari adanya instabilitas dan mengawasi proses transisi demokrasi tersebut. Keberadaan Saleh di AS juga dibatasi oleh waktu.

Saleh resmi mengakhiri kekuasaannya pada November lalu lewat sebuah perjanjian yang difasilitasi oleh Dewan Kerja Sama Teluk (GCC). Meski dirinya memutuskan untuk mundur, kekerasan tetap berlangsung di Yaman.

Pemilihan umum akan segera digelar di negara Arab itu pada 21 Februari mendatang. Namun Pemerintah Yaman sempat berpikir untuk menunda proses pemilihan umum karena kekerasan masih terjadi di negaranya. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »