Dituntut Warga, Obama Diminta Hadir di Pengadilan

Rabu, 25 Januari 2012 07:42 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Presiden Barack Obama (Foto: AP) Presiden Barack Obama (Foto: AP) WASHINGTON - Hakim di Georgia, Amerika Serikat (AS) memerintahkan Presiden Barack Obama untuk menghadiri pengadilan pekan ini. Pengadilan itu untuk menentukan kewarganegaraan dari Obama.


Tuntutan mengenai kewarganegaraan Obama ini diajukan oleh seorang warga Georgia yang sepertinya tidak ingin melihat nama Obama dalam pemilu primary Partai Demokrat Maret mendatang.

Kasus ini didasarkan atas pertanyaan seorang warga Georgia, atas kewarganegaraan Presiden Obama yang diklaimnya lahir di luar Amerika Serikat. Kasus ini diajukan oleh warga yang menyebut dirinya penggerak kelompok "birther".

Seperti dilansir AFP, Rabu (25/1/2012), bila tuduhan atas Obama itu terbukti benar, maka Presiden AS ke-44 itu dianggap tidak memiliki kualifikasi untuk menjadi Presiden Negara Adidaya tersebut.

Meskipun tidak jelas apakah pengadilan dapat memaksakan kehadiran Obama di ruang pengadilan, Deputi Hakim Ketua Georgia Michael Malihi menolak mosi dari pengacara presiden untuk menghadiri sidang.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »