Korut Kecam Strategi Militer AS

Kamis, 09 Februari 2012 16:02 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Pasukan AS di Korsel (armybase) Foto : Pasukan AS di Korsel (armybase) PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengecam strategi militer Amerika Serikat (AS) yang memusatkan penempatan militernya di wilayah Asia. Media Korut bahkan menuding AS mencoba menguasai wilayah Asia Pasifik.

Menurut media Korut KCNA, latihan militer AS dengan Jepang merupakan strategi dan juga skenario yang digagas Paman Sam untuk memperluas dominasinya di wilayah Asia Pasifik. Kehadiran militer AS di Korsel juga bertujuan untuk mengobarkan agresi di Semenanjung Korea.

KCNA juga menyebutkan, AS mengerahkan segenap perlengkapan militernya yang dilengkapi dengan teknologi canggih di Asia guna menekan negara-negara yang merupakan rivalnya, dengan menggunakan Korea Selatan (Korsel) sebagai bentengnya. Demikian seperti diberitakan Xinhua, Kamis (9/2/2012).

Korut pun melaporkan bahwa, AS mendirikan pos militer barunya di Hawaii. Lewat pos militer baru itu, AS dapat dengan mudah mengerahkan ribuan pasukannya dalam waktu 48 jam ke Semenanjung Korea dan beberapa wilayah di sekitarnya.

Selain mengecam strategi militer AS, Korut juga mengecam Jepang dengan menuding Negeri Sakura itu berambisi untuk mencaplok Pulau Tok Islets yang terletak di bagian timur Semenanjung Korea.

Korut menganggap Tok Islets merupakan wilayah yang masuk ke dalam kedaulatan Korea sejak dahulu. Korut pun mengatakan, mimpi Jepang yang ingin menjadikan pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya tidak akan terwujud. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »