Korban Kekerasan Baghdad Bertambah 35 Jiwa

Kamis, 23 Februari 2012 17:05 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Keamanan Irak bersihkan puing bekas ledakan bom (Foto: Getty Images) Keamanan Irak bersihkan puing bekas ledakan bom (Foto: Getty Images) BAGHDAD - Rangkaian serangan bom yang disertai penembakan yang melanda Baghdad, Irak pagi hari ini terus menyebabkan korban bertambah. Hingga saat ini sudah 35 orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.


Insiden pertama terjadi saat sebuah bom mobil meledak di wilayah pusat perbelanjaan di distrik Karradah. Kejadian tersebut menyebabkan sembilan orang tewas, sementara 26 orang lainnya menderita luka-luka termasuk empat orang anggota polisi.

Tetapi insiden itu tidak berhenti di lokasi itu saja. Ledakan pun dilaporkan berlangsung di tempat lain. "Delapan bom meledak berurutan di Baghdad dan menyebabkan 18 orang warga tewas," ungkap petugas polisi Baghdad seperti dikutip Associated Press, Kamis (23/2/2012). 

Kejadian buruk pun terus berlanjut. Polisi melaporkan terjadinya adanya penembakan di wilayah lain Baghdad. Delapan orang anggota polisi tewas dalam aksi penembakan itu.

Pihak Rumah Sakit Baghdad mengkonfirmasi total jumlah korban tewas dalam aksi kekerasan hari ini berjumlah 35 jiwa. Polisi hingga kini belum mengetahui siapa dalang di balik serangan itu. Belum ada pihak bersedia mengaku bertanggungjawab dalam serangan tersebut. 

Ternyata rangkaian serangan itu tidak hanya terjadi di Baghdad saja. Aksi kekerasan pun berlangsung di Baqouba, Kirkuk dan Salahuddin. Rentetan serangan berlangsung di tiga wilayah itu selama dua jam.

Kekerasan demi kekerasan ini membuat posisi polisi Irak makin tertekan. Mereka dianggap sebagai elemen paling lemah dari petugas keamanan Irak. 

Selepas keluarnya pasukan koalisi dari Irak, kondisi keamanan Negeri Seribu Satu Malam itu tampaknya makin menurun. 
Tidak hanya dihadapkan pada ancaman dari Al Qaeda, kini rakyat Irak pun tidak pernah lepas dari kerusuhan antara Muslim Suni dan Muslim Syiah.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »