"RI Contoh Nyata Penegakan HAM Bagi OKI"

Jum'at, 24 Februari 2012 13:39 wib | Aulia Akbar - Okezone

OKI (Foto: Sargar) OKI (Foto: Sargar) JAKARTA - Komisioner Komisi HAM Organisasi Konferensi Islam (OKI) dari Indonesia Siti Ruhaini Dzuhayatin mengutarakan beberapa harapan yang diinginkan oleh Indonesia sebagai anggota Komisi HAM OKI.


"Kami tentu ingin kantor sekretariat Komisi HAM OKI dibangun di Indonesia, lalu Indonesia juga harus jadi contoh nyata bagi negara anggota OKI," ujar Siti, setelah pertemuan Komisi HAM OKI di Gedung Aryaduta, Jumat (24/2/2012).

"Saya juga ingin komisioner-komisioner di Komisi HAM OKI aktif menyuarakan penegakkan HAM dan melakukan komunikasi yang baik dengan media serta pemerintah dari setiap negara," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Siti menjelaskan, bila kantor sekretariat Komisi HAM OKI benar-benar didirikan di Indonesia. Pemerintah Indonesia akan sanggup menjelaskan pada organisasi masyarakat (ormas) tentang keterkaitan antara HAM dan nilai-nilai Islam.

Perlu diketahui pula, masih banyak ormas-ormas di Indonesia yang menganggap HAM adalah produk dari Barat yang tidak sesuai dengan nilai Islam atau Syariah.

Sebagai seorang komisioner dari Indonesia, Siti pun berharap Komisi HAM OKI dapat berperan lebih maju, untuk mendesak negara-negara anggota OKI dalam meratifikasi setiap kovenan yang akan memperjuangkan HAM.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »