Akhirnya, Pemimpin Fatah dan Hamas Bertemu

Jum'at, 24 Februari 2012 19:06 wib | Khairisa Ferida - Okezone

Pertemuan Faksi Fatah dan Hamas di Kairo (Foto: Maan News) Pertemuan Faksi Fatah dan Hamas di Kairo (Foto: Maan News) YERUSALEM - Pemimpin Fatah yang kini menjabat sebagai Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk pertama kalinya melangsungkan pertemuan dengan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Pertemuan bersejarah ini itu dilakukan, setelah perseteruan pecah antara Hamas-Fatah pada 2007 lalu.

Pertemuan yang berlangsung di Kairo ini merupakan bagian dari rekonsiliasi damai yang tengah dijalani oleh kedua Fatah-Hamas.

"Kedua pemimpin itu bertemu di kastil Al-Andalus di Kairo dengan didampingi sejumlah pejabat tinggi dari kedua belah pihak. Dalam pertemuan itu mereka membahas proses rekonsiliasi antara faksi-faksi termasuk hubungan dengan Kairo dan terkait kesepakatan Doha," ujar salah seorang pejabat Hamas seperti dikutip Maan News Jumat, (24/2/2012).

Sejak 2007 lalu rakyat Palestina telah dihadapkan pada dua faksi pemerintahan, ketika Fatah mendesak Hamas untuk meninggalkan Jalur Gaza.

Kedua pihak akhirnya mencapai kesepakatan pada tahun 2011, meski keputusan terkait siapa yang akan memimpin pemerintahan sementara baru dapat diputuskan dalam pertemuan terakhir di Doha belum lama ini. Barulah dalam pertemuan Doha ini tercapai kesepakatan bahwa Presiden Mahmud Abbas akan didaulat untuk memimpin pemerintahan sementara sebelum pemilu di gelar di Palestina

Sementara itu Israel sendiri dikabarkan mengutuk keras rekonsiliasi damai antara faksi Fatah dan Hamas ini.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyu sebelumnya telah menegaskan, rekonsiliasi damai yang terjalin antara Hamas-Fatah menandai berakhirnya kesepakatan damai Palestina-Israel.

"Hamas adalah organisasi teroris yang ingin menghancurkan Isrel, dan organisasi ini didukung Iran," ujar PM Israel Benyamin Netanyahu. (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »