Terus Diprovokasi, Korut Ancam Lancarkan Serangan ke Korsel

Minggu, 26 Februari 2012 15:40 wib | Khairisa Ferida - Okezone

Militer Korut (Foto: The Telegraph) Militer Korut (Foto: The Telegraph) PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengancam akan melancarkan serangan balasan jika negaranya terus diprovokasi oleh Korea Selatan (Korsel).

"Pemimpin Kim Jong Un telah memerintahkan serangan balasan mematikan  jika musuh terus menganggu kedaulatan militer negara," demikian dilaporkan Kantor Berita Korea Utara KCNA seperti dikutip Associated Press Minggu, (26/2/2012).

Menurut KCNA, pernyataan Kim Jong Un itu disampaikannya ketika mengunjungi sebuah unit militer Korut, namun media resmi Korut itu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut unit militer mana yang dikunjungi oleh Kim Jong Un.

Situasi di Semenanjung Korea dikabarkan kembali memanas setelah sebelumnya Korsel mengumumkan akan menggelar latihan Angkatan Laut bersama dengan Amerika Serikat (AS).

Korut mengklaim jika Korsel akan menggelar latihan itu di perairan lepas pantai barat yang amsih termasuk wilayahnya. Namun Korsel membantah dengan mengatakan, lokasi latihan lebih condong ke wilayah Selatan bukan wilayah Barat seperti yang dituding Korut.

Sebelumnya pada Sabtu (25/2/2012) utusan AS Glyn Davies di Seoul telah mendesak agar Korut segera memperbaiki hubungannya dengan Korsel.

Utusan AS itu dilaporkan telah menggelar pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Korut Kim Kye Gwan di Beijing pekan lalu untuk melanjutkan pembicaraan terkait perlucutan senjata nuklir Korut. Pertemuan itu adalah yang pertama kalinya digelar sejak kematian Kim Jong II Desember lalu. Belum diketahui pasti hasil dari pertemuan ini. (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »