"Hati-Hati dengan Antek Asing"

Senin, 27 Februari 2012 09:14 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Mahathir Mohamad (reuters) Foto : Mahathir Mohamad (reuters) KUCHING - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengingatkan warga Malaysia agar memilih calon pemimpin yang benar di pemilihan umum mendatang. Dirinya juga mengklaim akan adanya beberapa orang mencoba mendapatkan kursi pemerintahan dengan meminta bantuan dari luar.

Mahathir menjelaskan, adalah kesalahan yang sangat besar bila warga Malaysia memilih seorang yang merupakan antek asing. Bila antek asing berkuasa, warga Malaysia tidak akan diberi kebebasan.

"Perubahan pemerintahan diperbolehkan di Malaysia, namun hal itu harus dilakukan tanpa adanya campur tangan dari pihak asing. Negara-negara adikuasa selalu mencoba untuk mengubah rezim di negara lain karena mereka punya kepentingan," ujar Mahathir seperti dikutip The Star, Senin (27/2/2012).

Pria yang selalu mengkritik tokoh oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, itu juga menyinggung masalah patriotisme dan nasionalisme di Malaysia. Menurut Mahathir, tidak mudah untuk menentukan sikap seorang pemimpin, apakah dia adalah seorang patriot atau bukan. Seorang patriot harus konsisten pada loyalitasnya terhadap negara dan tidak akan membiarkan adanya intervensi yang dilakukan oleh negara lain terhadap negaranya.

"Secara umum, Malaysia menerima sistem pemerintahan demokratis yang berbasiskan patriotisme Malaysia," imbuhnya.

Mahathir bahkan menilai, warga Malaysia adalah warga yang cerdas dan sanggup untuk memilih siapakah yang sanggup untuk mengurus dan mengatur negaranya. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »