Protes China, Remaja Tibet Tewas Bakar Diri

Selasa, 06 Maret 2012 12:30 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Foto: Orange Foto: Orange BEIJING - Seorang remaja Tibet di Provinsi Sichuan, China, tewas akibat membakar diri dalam aksi protes menentang kekuasaan China di Tibet. Insiden ini adalah yang ketiga kali dalam tiga hari terakhir.


Menurut laporan Radio Free Asia, remaja berusia 18 tahun itu diketahui bernama Dorje. Korban menyulut api pada tubuhnya di dekat kantor pemerintah daerah Kota Jia di Prefektur Aba. 

Berdasarkan keterangan seorang biksu yang memiliki sumber di lokasi kejadian, Dorje sempat meneriakkan anti-kebijakan China atas Tibet. Dorje pun dipastikan tewas di lokasi kejadian terakibat menderita luka bakar. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (6/3/2012).

Namun laporan dari Radio Free Asia ini tidak diakui oleh pihak China. Mereka mengaku tidak menerima laporan apapun mengenai aksi bakar diri. 

Selain kematian Dorje, Radio Free Asia juga melaporkan kematian dari seorang mahasiswi berusia 20 tahun yang melakukan aksi bakar diri di Provinsi Gansu pada Sabtu 3 Maret lalu. 

Selain itu seorang perempuan berusia 32 tahun diketahui juga melakukan aksi serupa di Aba pada Minggu 4 Maret. Perempuan  yang diketahui memiliki empat anak juga dilaporkan tewas.

Aksi bakar diri oleh warga Tibet di China memang marak terjadi akhir-akhir ini. Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk protes atas sikap China yang menganggap Tibet sebagai bagian dari wilayah mereka. Selain itu, warga Tibet ini juga meminta Dalai Lama untuk kembali ke Tibet.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »