Hamas: Gaza Tempat Latihan Perang Israel

Senin, 19 Maret 2012 21:04 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Serangan pasukan Israel di Gaza (Foto: AFP) Serangan pasukan Israel di Gaza (Foto: AFP) ANKARA - Isu rencana serangan Israel ke Iran masih terus menjadi tanda tanya. Namun menurut pihak pejuang Hamas, Israel telah menggunakan Gaza sebagai lokasi latihan perang mereka sebelum menyerang Iran.


Pekan lalu, Israel dan pejuang Gaza terlibat pertempuran selama empat hari yang menyebabkan 25 warga tewas akibat serangan udara Israel. Selain itu, sekira 200 roket juga dilesatkan oleh kelompok pejuang Gaza sebagai bentuk perlawanan.

Meskipun sayap militer Hamas Brigade Al-Qassam tidak terlibat dalam serangan ini, Hamas melihat Israel memang sengaja memicu pertumpahan darah tersebut.

"Israel menjadikan Gaza sebagai tempat latihan perang. Mereka tengah melakukan pemanasan untuk menghadapi serangan ke Iran," ucap pemimpin Hamas Khaled Meshaal seperti dikutip Kantor Berita Anatolia, Senin (19/3/2012).

Sambil menuduh Israel melakukan aksi teror di Gaza, Meshaal juga melakukan pembelaan terhadap kelompok pejuang Palestina lain yang melesakan roket ke wilayah Israel dalam pertempuran ini.

"Tujuan mereka melakukan serangan roket ini adalah untuk membela diri. Israel menyerang kami dan wajar saja bila saudara kami di Gaza melancarkan pembelaan diri," tegas Meshaal.

Pertempuran itu berakhir pekan lalu, setelah disepakatinya gencatan senjata antara kelompok pejuang Gaza dengan Israel. Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, memperingatkan pihaknya tidak akan mentolerir setiap serangan roket dari Gaza ke wilayah negaranya.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »