Sekjen PBB: Teror Nuklir Jelas Keberadaannya

Rabu, 21 Maret 2012 18:46 wib | Susi Fatimah - Okezone

Sekjen PBB Ban Ki Moon (Foto: AFP) Sekjen PBB Ban Ki Moon (Foto: AFP) JAKARTA - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-Moon menilai dunia saat ini masih terancam bahaya nuklir. Bahkan bahaya ini sudah mencapai tingkatan teror.


"Ancaman dari teror nuklir jelas keberadaannya. Dunia harus melakukan kendali atas materi nuklir dan mengatasi pembiayaan dari proliferasi nuklir," jelas Ban Ki-Moon pada dialog pertahanan Jakarta Internasional Defense Dialgoue (JIDD) di Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Ban mengingatkan, setiap negara di dunia dihadapkan pada ancaman senjata nuklir. Bahkan banyak negara yang lebih memilih untuk terus mengembangkan teknologi nuklir.

"Puluhan ribu senjata masih ada dan banyak diantara mereka dalam kondisi siaga. Sementara di saat bersamaan, miliaran dolar dihabiskan untuk memodernisasi senjata ini, padahal masih ada kepentingan sosial lain yang lebih penting," imbuhnya.

Bagi diplomat senior Korea Selatan (Korsel) itu, keberadaan dari senjata nuklir tidak akan membuat dunia stabil bahkan hanya akan menimbulkan kekacauan. Semakin senjata nuklir dinilai sangat diperlukan, semakin besar pula biaya untuk mengembangkannya.

Selain mematikan, Sekjen PBB itu memperingatkan senjata nuklir juga menyebabkan resiko kerusakan lingkungan yang amat besar. Bahkan, resiko kesehatan juga turut terancam akibat program nuklir.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »