Penembakan Warga Afghanistan

Korban Penembakan Afghanistan Terima Ganti Rugi

Senin, 26 Maret 2012 08:42 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Sersan Robert Bales (Foto: Yahoo News) Sersan Robert Bales (Foto: Yahoo News) KABUL - Keluarga dari korban penembakan yang dilakukan oleh prajurit Amerika Serikat (AS) dikabarkan menerima ganti rugi dari militer AS. Jumlah ganti rugi beragam bagi keluarga korban tewas dan korban yang menderita luka.


Untuk keluarga korban tewas dilaporkan mendapatkan ganti rugi 2,3 juta Afghanis atau sekira Rp438,2juta (Rp190,5 per Afghanis).  Sedangkan untuk korban luka memperoleh uang ganti rugi sebesar 500 ribu Afghanis atau sekira Rp95,2 juta.

Sersan Robert Bales menjadi pelaku satu-satunya penembakan yang kini diketahui telah menewaskan 17 jiwa warga sipil Afghanistan. Sebelumnya jumlah korban dilaporkan mencapai 16 jiwa dalam insiden yang terjadi di Distrik Panjwai.

Menurut laporan pejabat Pemerintah Afghanistan, uang ganti rugi tersebut memang disediakan oleh militer AS. Sementara penyerahan uang ganti rugi disaksikan langsung oleh pejabat setempat dan para tetua suku Afghanistan.

Namun juru bicara pasukan keamanan North Atlantic Treaty Organization (ISAF) menolak untuk mengkonfirmasi adanya ganti rugi untuk keluarga korban pembantaian warga sipil Afghanistan, yang terjadi 11 Maret lalu.

"ISAF tidak memberikan ganti rugi atas korban jiwa yang terjadi akibat perang, aktifitas yang terkait perang ataupun operasi militer lainnya," ucap juru bicara ISAF seperti dikutip AFP, Senin (26/3/2012).

Namun dirinya menyatakan, "individu dari tiap-tiap pasukan yang tergabung (dalam ISAF) bisa saja memberikan bantuan tersebut karena memang sesuai dengan budaya Afghanistan. Namun biasanya pembayaran seperti itu tetap dirahasiakan."

Pihak berwenang mengkhawatirkan bila keluarga korban yang menerima kompensasi dapat ditargetkan oleh kelompok militan Taliban. 
Selama ini Taliban mengancam siapa pun warga yang menerima uang dari AS ataupun pasukan asing lain yang bertugas di Afghanistan.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »