Qatar Tolak Wilayahnya sebagai Basis Serangan ke Iran

Kamis, 29 Maret 2012 08:41 wib | Khairisa Ferida - Okezone

Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassem Al-Thani (Foto: AFP) Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassem Al-Thani (Foto: AFP) DOHA - Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassem Al-Thani mengatakan, negaranya tidak akan mendukung setiap serangan yang akan dilancarkan ke Iran.

Hal itu disampaikannya, dalam kapasitas Qatar sebagai pusat komando Amerika Serikat (AS) di kawasan Timur Tengah dan Asia Tengah.

"Rakyat Iran dan rakyat Amerika tahu persis bahwa Qatar menolak setiap serangan militer yang dilakukan ke Iran," ujar Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassem Al-Thani kepada Aljazeera seperti dikutip AFP Kamis, (29/3/2012).

Sheikh Hamad yang juga merangkap sebagai Menteri Luar Negeri Qatar juga menegaskan, Qatar tidak akan mengizinkan wilayah digunakan sebagai bagian dari perencanaan serangan terhadap Negara Persia itu.

"Kami tidak akan menerima hal itu. Dan ini sudah sangat jelas, setiap serangan ke Iran tidak akan dilakukan dari Qatar," tegasnya.

Meski ketegangan dalam hubungan Iran dengan Barat meningkat, namun Negeri Paramullah itu tetap menjalin hubungan baik dengan sejumlah negara-negara Teluk yang juga diketahui sebagai sekutu AS seperti Qatar dan Arab Saudi misalnya.

Sejumlah pihak sebelumnya telah mengingatkan AS dan Israel untuk tidak melancarkan serangan militer ke Iran, karena dampak dari serangan itu akan mengguncang Timur Tengah, melambungkan harga minyak dunia, serta menimbulkan perang yang sulit dikendalilkan.

Namun sejauh ini Israel bersikeras program nuklir Iran hanya dapat dihentikan dengan melancarkan serangan ke situs nuklir negara itu.

Sementara sekutunya, AS, terus meningkatkan sanksi ekonomi atas Iran dan berupaya untuk menyelesaikan isu program nuklir Iran melalui jalur diplomasi meski tidak dapat dipungkiri serangan militer masih termasuk opsi yang mungkin saja akan dipilih jika diplomasi gagal mencapai hasil yang diharapkan. (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »