Keluarga Khadafi Kecam Penyitaan Aset Mereka

Sabtu, 31 Maret 2012 11:27 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Aisha Khadafi tidak terima aset keluargnya disita (Foto: Reuters) Aisha Khadafi tidak terima aset keluargnya disita (Foto: Reuters) ALJAZAIR- Keputusan penyitaan aset milik keluarga Khadafi oleh Pemerintah Italia, dikecam oleh keluarga mantan Pemimpin Libya Moammar Khadafi, yang masih tersisa. Mereka menilai penyitaan atas aset senilai 1,1 euro atau sekira Rp13,4 triliun (Rp12.237 per euro), adalah ilegal.


Aset-aset yang disita antara lain saham-saham di perusahaan ternama Italia. Sebuah sepeda motor Harley-Davidson dan sebidang lahan di hutan Pantelleria.

Pengacara yang mewakili putri Khadafi, Aisha dan putra Khadafi yang lain, Saadi mengatakan, aset-aset itu adalah investasi legal dari keluarga Khadafi. 

"Upaya Itali yang menyita aset-aset tersebut terlambat untuk dilakukan dan ilegal karena keputusan pengadilan amat meragukan," ujar Nick Kaufman, pengacara keluarga Khadafi seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/3/2012).

"Tidak satu dolar pun dari aset tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi Khadafi dan tidak satu sen pun dihasilkan dari aktifitas kriminal," pungkas Kaufman.

Kaufman menambahkan, rezim Moammar Khadafi mendukung industri di Italia lewat investasinya di berbagai bidang. Menurut Kaufman, hal tersebut dilakukan demi kepentingan rakyat Libya.

Diantara aset yang disita itu antara lain 1,256 persen saham dari bank terbesar Italia UniCredit yang nilainya bisa mencapai 611 juta euro atau sekira Rp7,4 triliun. Termasuk juga 0,58 persen saham di perusahaan minyak ENI. Dibawah Khadafi, Libya sempat memegang kepemilikan saham pribadi terbesar di UniCredit.
Ada pula kepemilikan saham sebesar 2,0 persen di perusahaan pertahanan dan penerbangan Finmeccanica yang dihargai 40 juta Euro dan 0,33 persen di perusahaan Fiat yag bernilai 53 juta Euro atau sekira Rp649 miliar.

Selain itu, polisi menyita saham milik Saadi Khadafi, yang mempunyai saham di klub sepakbola Serie A, Juventus. Saadi sendiri saat ini diketahui tengah bersembunyi di Niger, usai kejatuhan Ayahnya. Dia juga memiliki sebuah apartemen di wilayah mewah Kota Roma.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »