Roket Korut dalam Siap Diluncurkan

Senin, 09 April 2012 08:35 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Pasukan Korut dan roket (Foto: AP) Pasukan Korut dan roket (Foto: AP) TONGCHANG-RI - Badan Antariksa Korea Utara (Korut) sudah menyelesaikan tiga tahap untuk mempersiapkan roket jarak jauhnya untuk diluncurkan ke luar angkasa. Sebelumnya peluncuran roket satelit ini ditentang oleh dunia internasional.


Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) menilai roket tersebut merupakan bentuk uji coba terselubung atas senjata nuklir Korut. Namun Negara Komunis itu mengatakan, roket yang membawa satelit ini, digunakan untuk kepentingan penelitian.

Ditengah persiapan tersebut, jurnalis asing sempat diundang untuk meliput persiapan dari roket yang berada di Stasiun Satelit Sohae. Terungkap bahwa, roket itu terdiri dari tiga bagian yang salah satunya membawa satelit untuk mengorbit di luar angkasa.

Rencananya roket ini akan diluncurkan pada peringatan 100 tahun kelahiran pediri Korut Kim Il-Sung. AS bersama dengan Jepang, Inggris dan negara lain di dunia, mendesak untuk membatalkan peluncuran roket. 

Mereka memperingatkan bahwa meluncurkan roket jarak jauh itu telah melanggar resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain itu, Korut juga dianggap melanggar janji untuk menunda aktivitas peluncuran rudal dan percobaan program nuklirnya.

Namun pihak Korut bersikeras bahwa mereka berhak untuk meluncurkan roket satelit ini.
 "Negara kami memiliki hak dan kewajiban untuk mengembangkan satelit dan meluncurkan roketnya. Apapun pendapat pihak lain, kami menggunakan roket ini untuk kepentingan damai," jelas pimpinan fasilitas roket Korut Jang Myong Jin seperti dikutip Associated Press, Senin (9/4/2012).

Tetapi keterangan Myong Jin itu dibantah oleh banyak ahli di dunia. Menurut mereka, roket bernama Unha-3 itu, dapat pula diartikan sebagai roket jarak jauh yang dapat menyerang AS dan target lainnya. 
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »