"Militer India Siap Berperang"

Selasa, 10 April 2012 22:08 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Pasukan India (IST) Foto : Pasukan India (IST) NEW DELHI - Menteri Pertahanan India A.K. Antony menampik laporan yang menyebutkan banyaknya persenjataan di Negeri Bollywood itu yang sudah uzur, seperti halnya tank dan alutsista lainnya.

"Seluruh laporan itu hanyalah isu. Saya bisa memastikan kepada Anda, bahwa militer kami siap berperang. Memang ada beberapa kekurangan dan hal ini adalah proses untuk mencapai kemajuan. Saat ini India sudah jauh lebih kuat," ujar Antony seperti dikutip PTI, Selasa (10/4/2012).

"Kami memiliki amunisi yang cukup," tegasnya.

Beberapa pekan yang lalu, surat yang dilayangkan oleh pejabat militer India Jendral VK Singh ke Perdana Menteri Manmohan Singh bocor. Dalam surat itu, sang jendral mengatakan, persenjataan India sudah uzur dan para pasukan khusus juga tidak dilengkapi dengan senjata yang memadai.

Surat itu juga menyebutkan, amunisi yang tank-tank India sudah akan habis serta banyak alutsista yang tidak lagi layak untuk digunakan selayaknya senjata dan sebanyak 97 persen sistem pertahanan udara India sudah ketinggalan zaman.

Antony pun menjelaskan tentang kondisi militer India di depan anggota Komite Pertahanan di Parlemen India. Antony bahkan berniat untuk mengucurkan dana yang lebih guna membangun militer India.

Pemerintah India sendiri sudah mengumumkan akan kenaikan anggaran militernya yang sebesar 17 persen. Negeri Bollywood itu juga sudah dinobatkan menjadi negara pengimpor senjata terbesar di dunia, mengalahkan negara-negara Asia lainnya, termasuk China. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »