Jenderal Israel Tak Yakin Iran Buat Bom Nuklir

Rabu, 25 April 2012 14:03 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Benny Gantz (AFP) Foto : Benny Gantz (AFP) YERUSALEM - Kepala Staf Militer Israel Letnan Jendral Benny Gantz, tidak yakin akan rencana pembuatan bom nuklir yang dilakukan Iran. Meski demikian, Gantz mengatakan, Iran sudah mulai melangkah untuk membangun senjata tersebut.

"Bila Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Khamenei menginginkan hal itu, dia pasti akan mendorong negaranya untuk membangun bom nuklir. Menurut opini saya, Khamenei akan sangat bersalah bila dirinya membangun senjata nuklir, dan saya rasa mereka tidak akan melakukan tindakan itu," ujar Gantz, seperti dikutip AFP, Rabu (25/4/2012).

Gantz menilai, seluruh petinggi di Iran adalah orang-orang yang berpikir dengan sangat rasional, meski negaranya sudah sempat melakukan pengayaan uranium sebanyak 20 persen. Bila program pengayaan uranium itu kian dipacu hingga mencapai 90 persen, senjata nuklir diklaim bisa tercipta di Negeri Persia.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga terlihat makin khawatir akan pengayaan uranium Iran. Israel sejak dulu memang menuduh Iran membangun senjata nuklir lewat program pengayaan uraniumnya.

Negeri Yahudi selama ini memandang Iran sebagai ancaman terbesarnya karena Iran secara tegas mengatakan, akan menghapus Israel dari peta dunia. Iran bahkan sudah menjelaskan akan penggunaan nuklirnya.

Negeri Persia tidak pernah menggunakan nuklir untuk kebutuhan militer. Iran hanya mengembangkan nuklirnya untuk kebutuhan pembangkit listrik dan pengobatan.

Utusan Iran juga akan hadir dalam pertemuan P+5 bersama negara-negara anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), di Baghdad, Irak, pada 23 Mei mendatang. Sementara itu Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa akan menekan Iran agar menutup reaktor nuklir Fordo. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »