Selain Bayar PSK, Berlusconi Diduga Sewa Mafia

Rabu, 25 April 2012 09:02 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Silvio Berlusconi (AP) Foto : Silvio Berlusconi (AP) ROMA - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berluconi dituding menghabiskan banyak dana untuk menyewa jasa Mafia asal Sisilia untuk melindungi dirinya dan juga keluarganya dari ancaman penculikan.

Pengadilan Italia menuding, Berlusconi menyewa jasa dari keluarga mafia pada 1970 untuk menyelamatkan diri dari ancaman penculikan. Jasa yang diberikan mafia tentunya tidak gratis dan cukup mahal. Salah seorang penasihat Berlusconi, Marcello Dell'Utri juga diduga memiliki hubungan dengan mafia asal Sisilia.

Nama Vittorio Mangano muncul, dan dituduh sebagai seorang yang melindungi Berlusconi dari penculikan. Mangano merupakan mafia dari Sisilia yang juga menjadi terdakwa pembunuhan. Pria itu tinggal di rumah Berlusconi pada pertengahan dekade 1970. Saat itu, Berlusconi hidup dengan dua orang anaknya dan istri pertamanya. Demikian seperti dikutip Reuters, Rabu (25/4/2012).

Pada 2008, Berlusconi bahkan mengatakan, Mangano bekerja dengan baik. Mangano mengantar jemput anak Berlusconi yang akan pergi sekolah. Namun pada tahun 2000, pria pelindung Berlusconi itu meninggal dunia.

Organisasi kriminal di Italia kerap melakukan penculikan terhadap miliuner-miliuner di Italia ada dekade 1970. Mereka juga selalu meminta tebusan sebagai syarat pembebasan sanderanya. Salah satu korban penculikan adalah John Paul Getty III, cucu dari pejabat perusahaan migas, Baron John Paul Getty Sennior. Telinga Getty ditebas dan dikirim ke rumahnya lewat surat, para kriminal itupun meminta tebusan.

Hingga saat ini, Berlusconi tampak dihadapkan dengan sejumlah kasus skandal yang cukup berat. Selain skandal seks dan kasus mafia, Berlusconi juga didakwa atas kasus penggelapan dana dan korupsi. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »