Sejarah AS di Era Perang Dunia

Jalan Menuju Pearl Harbor

Kamis, 10 Mei 2012 16:22 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Pearl Harbour (ww2f) Foto : Pearl Harbour (ww2f) SEBAGAI satu-satunya negara fasis di kawasan Asia, Jepang berhadapan dengan AS, Inggris, Prancis, Portugal, dan Belanda yang kerap menguasai negara-negara di Asia dan Asia Tenggara. Jepang ingin sekali menggantikan Eropa dan AS sebagai penjajah negara Asia.
 
Pertama-tama, Jepang menguasai Manchuria dan mengebom Shanghai, pada akhirnya, Jepang mengadakan perang dalam skala besar dengan China. Sikap Jepang terhadap China sangat membuat AS berang. Akhirnya AS memboikot seluruh produk dari Jepang.
 
Pada 1940, Jepang terlihat makin agresif dan mendambakan perluasan wilayah. Negeri Sakura itu akhirnya mencoba merebut negara-negara koloni Prancis dan Belanda di Asia Tenggara. Jepang pun bergabung dengan Poros (Jerman dan Italia) setelah menandatangani Pakta Triparti. Dalam pakta tersebut, bila Jerman, Italia, atau Jepang diserang, deklarasi perang akan muncul. AS langsung menghentikan ekspor pasokan bahan bakar dan besi tua ke Jepang.
 
Negeri Sakura yang bergantung dengan negara lain untuk memenuhi sumber energinya semakin berang. Juli 1941, Jepang sudah menguasai negara-negara di wilayah Indo-China yang dahulu diduduki Prancis. Roosevelt membalasnya dengan membekukan seluruh aset pejabat Jepang yang ada di AS. Meski demikian, dialog pun tetap berlangsung antara Jepang dan AS. Jepang setuju untuk menghentikan ekspansinya ke wilayah selatan bila AS tidak lagi memasok bantuan ke China, AS justru menolak usulan Jepang dan meminta Jepang mundur dari Indo-China.
 
Setelah Jendral Hideki Tojo menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang, pesawat-pesawat tempur Jepang berangkat menuju Pearl Harbor. Pesawat tempur Jepang yang dipimpin oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan militer AS terbesar di Pasifik. Jepang juga menyerang pangkalan AS di Filipina dan menginvasi koloni-koloni Inggris di Hong Kong, Malaya, Borneo, dan Myanmar. AS akhirnya mengumumkan perang melawan Jepang.
(AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »