Myanmar Minta Jutaan Pengungsi Pulang

Sabtu, 12 Mei 2012 15:49 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Presiden Myanmar Thein Sein (Foto: AFP) Presiden Myanmar Thein Sein (Foto: AFP) YANGON - Presiden Myanmar Thein Sein mendesak jutaan pengungsi Myanmar yang kini hidup di negara lain, untuk kembali ke Tanah Air. Kembali warga pengungsi dapat membantu memuluskan jalan reformasi.


Ketika pemerintahan junta militer berkuasa di Myanmar, jutaan pekerja ahli negara tersebut kabur mencari tempat yang aman. Kini Presiden Thein meminta kembali pulang, untuk membantu membangun Myanmar mengingat negaranya kekurangan tenaga profesional.

Presiden Thein pun menjanjikan bantuan kepada setiap warga yang mengungsi dalam membangun bisnis, di negara yang kaya akan sumber daya alam tersebut.

Myanmar pun sepertinya tengah bersiap untuk menghadapi booming ekonomi, menyusul reformasi yang tengah berlangsung.

"Tawaran terus diberikan kepada warga Myanmar yang berada di luar negeri. Mereka pada umumnya beprofesi sebagai teknisi, pengusaha dan masih banyak karier lain yang mereka rintis," ujar Presiden Thein Sein, seperti dikutip AFP, Sabtu (12/5/2012).

"Negara tidak akan menghadang setiap bantuan yang mereka perlukan, bila pada saatnya warga-warga ini membuka bisnis," imbuhnya.

Banyak pengungsi Myanmar dikabarkan memang berminat untuk kembali ke Myanmar setelah reformasi yang mengejutkan dilakukan oleh Pemerintahan Thein Sein. Sebagian besar dari mereka yang tinggal di luar wilayah Myanmar ini, berhasil membangun karir yang sukses. 
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »