Warga Sipil Afghanistan Tewas, AS Minta Maaf

Sabtu, 12 Mei 2012 13:10 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Pasukan AS di Afghanistan (Foto: Euronews) Pasukan AS di Afghanistan (Foto: Euronews) KABUL - North Atlantic Treaty Organization (NATO) dan militer Amerika Serikat (AS) mengeluarkan permintaan maaf atas serangan udara yang menewaskan warga sipil Afghanistan. Serangan itu sebelumnya terjadi di dua desa di Afghanistan.


"Lewat penyelidikan atas insiden, kami menyatakan, serangan tersebut telah menyebabkan tewasnya warga sipil Afghanistan. Serangan juga mengakibatkan warga terluka," demikian pernyataan NATO, seperti dikutip CNN, Sabtu (12/5/2012).

"Kami (NATO dan AS) bertanggung jawab penuh atas insiden tragis ini. Kami akan melakukan pertemuan dengan warga yang anggota keluarganya menjadi korban, untuk menyampaikan permintaan maaf," lanjut pernyataan NATO.

Insiden serangan udara itu terjadi pada 4 Mei di Desa PanKalay dan 6 Mei di Desa Nowbar. Penyelidikan atas insiden tersebut sudah dilakukan oleh pihak NATO.

Rencananya Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan diberikan penjelasan dari hasil penyelidikan tersebut. Presiden Karzai pun dengan tegas mengatakan, peristiwa ini tidak dapat diterima oleh pemerintahannya. 

Karzai sempat memanggil Komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan John Allen dan Duta Besar AS untuk Afghanistan, Ryan Crocker. Pemanggilan tersebut guna meminta penjelasan. Dalam pertemuan itu Allen menjanjikan penyelidikan menyeluruh dari insiden ini.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »