Tamae Watanabe, Nenek Penakluk Gunung Everest

Minggu, 20 Mei 2012 14:06 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Tamae Watanabe (AFP) Foto : Tamae Watanabe (AFP) TOKYO - Seorang nenek berusia 73 tahun, Tamae Watanabe, dinobatkan menjadi pendaki gunung tertua yang pernah menaklukkan Gunung Everest. Watanabe mendapatkan rekor itu pada Sabtu kemarin.

Watanabe mendaki berangkat ke Kathmandu, Nepal, pada awal April, dan mendaki gunung itu hingga ke puncak. Nenek itu berangkat dengan seorang fotografer bernama Noriyuki Muraguchi.

"Pada Sabtu pagi, Watanabe mencapai puncak gunung, dia mendaki dari sisi utara dan saat ini, dia mulai menuruni gunung itu," ujar salah satu anggota pendaki gunung di Nepal, Ang Tshering Sherpa, seperti dikutip AFP, Minggu (20/5/2012).

Watanabe menoreh sejarah baru ketika mendaki puncak gunung  setinggi 8.848 meter pada 16 Mei 2002. Setelah itu, Watanabe langsung dinobatkan sebagai pendaki gunung tertua perempuan di Everest.

Sementara itu, seorang pria 76 tahun dari Nepal yang bernama Min Bahadur Sherchan, menjadi pria tertua yang menguasai Gunung Everest. Sherchan sampai ke puncang gunung tersebut pada 200 lalu. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »