Bangkok Forum, Kunjungan Luar Negeri Pertama Suu Kyi

Kamis, 24 Mei 2012 12:21 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Aung San Suu Skyi  (Foto: AFP) Aung San Suu Skyi (Foto: AFP) YANGON - Tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi akan mengunjungi Bangkok, Thailand, pekan depan. Kunjungan ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh Suu Kyi ke luar negeri, selama 24 tahun terakhir.


"Dia (Suu Kyi) akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Thailand," ujar juru bicara Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Nyan Win, seperti dikutip The Bangkok Post, Kamis (24/5/2012).

Dalam kunjungannya ini, Suu Kyi akan berbicara di depan forum ekonomi internasional tersebut. Selain Suu Kyi, Presiden Myanmar Thein Sein juga turut hadir dalam forum tersebut, tetapi tidak disebutkan apakah keduanya akan melakukan perjalanan bersama.

Perempuan yang dikenal sebagai aktivis demokrasi Myanmar ini, rencananya juga akan melakukan kunjungan ke Eropa pada bulan depan. Suu Kyi akan mengunjungi Oslo, Norwegia dimana dirinya akan menerima penghargaan Nobel Perdamaian yang dimenangkannya 1991 silam.

Selama dua dekade terakhir Suu Kyi menjalani tahanan rumah di Yangon selama pemerintahan junta militer. Tetapi kini dirinya bisa melakukan lawatan ke luar negeri, setelah Pemerintah Myanmar mengeluarkan paspor baginya.

Sebelumnya, Suu Kyi tidak pernah berniat untuk meninggalkan negaranya. Alasannya, dirinya khawatir tidak bisa kembali ke Myanmar.

Sejak dipimpin oleh pemerintahan yang lebih banyak dikuasai oleh kalangan sipil, Myanmar terus membuka diri dengan dunia luar. Perubahan pada politik lokal pun dipuji oleh banyak pihak, karena pemerintahan saat ini memberikan pihak oposisi terlibat dalam politik.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »