Lakukan Perjalanan, Suu Kyi Kelelahan

Jum'at, 15 Juni 2012 10:45 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Suu Kyi di bandara (AFP) Foto : Suu Kyi di bandara (AFP) JENEWA - Tokoh pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi yang saat ini ada di Swiss, dijadwalkan untuk mengunjungi kantor parlemen negara tersebut. Meski demikian, setelah berbicara dalam konferensi pers Suu Kyi kelelahan dan jatuh sakit.

Perempuan berusia 66 tahun itu akan dijamu makan malam dengan para pejabat Swiss, namun sepertinya Suu Kyi lebih memilih untuk beristirahat di hotel karena sakit. Pada saat konferensi pers berlangsung, Suu Kyi yang berbicara dengan Menteri Luar Negeri Swiss Didier Burkhalter, terlihat sangat pucat.

Beberapa menit kemudian, Suu Kyi pun menutup mulutnya dan seorang ajudan muncul dengan membawa tas. Suu Kyi membungkuk dan muntah sebelum diantar ke ruangannya. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Swiss Jean-Marc Crevoisier mengatakan, kondisi Suu Kyi sudah cukup membaik.

"Dia (Suu Kyi) hanya kelelahan. Saya tentunya juga akan kelelahan bila menjalani aktivitas seperti yang Suu kyi lakukan," ujar Crevoisier, seperti dikutip Associated Press, Jumat (15/6/2012).

Sebelumnya, Suu Kyi pun mengatakan, dirinya memang sudah tua dan jarang bepergian. Hal itu menyebabkan Suu Kyi mudah lelah.

"Saya sudah lama tinggal di satu tempat, dan saat ini saya memulai perjalanan saya ke Barat dengan menaiki pesawat. Itu sangat melelahkan dan sedikit membingungkan karena saya tidak bisa menyesuaikan waktu. Usia saya tentunya juga berpengaruh," ujar Suu Kyi.

Lawatan Suu Kyi ke Eropa juga dilakukan di saat Myanmar dilanda satu masalah. Masalah itu adalah konflik komunal yang terjadi antara umat Muslim dan Budha di wilayah barat Myanmar. Hingga saat ini, warga Muslim Myanmar yang mengungsi di Bangladesh turut meminta uluran tangan dari tokoh pro-demokrasi itu. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »