Suriah Latihan Perang, Turki Waspada

Senin, 09 Juli 2012 10:02 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Uji misil Suriah (EPA) Foto : Uji misil Suriah (EPA) DAMASKUS - Pasukan Suriah menggelar latihan perang dalam skala besar untuk mensimulasikan perang melawan pasukan asing. Turki yang hidup bertetangga dengan Suriah langsung mengawasi latihan perang itu.

Tepat pada Sabtu pekan lalu, konflik Suriah melebar hingga ke Lebanon. Serangan mortar yang ditembakkan oleh pasukan Suriah melesat ke sebuah desa di bagian utara Lebanon dan membunuh lima orang. Selama ini, fraksi oposisi bersenjata di Suriah menggunakan Lebanon sebagai basisnya untuk menggempur Presiden Bashar al Assad.

Bersamaan dengan itu, Suriah juga menggelar latihan perang yang melibatkan angkatan laut. Suriah mensimulasikan sebuah peperangan di lautan, melawan kekuatan pasukan asing. Angkatan Udara dan Darat Suriah juga ikut berpartisipasi dalam latihan besar tersebut. Demikian, seperti diberitakan SANA, Senin (9/7/2012).

Stasiun televisi lokal Suriah menyiarkan uji coba misil yang dilakukan oleh Suriah. Latihan perang dan meningkatkan eskalasi peperangan di Suriah cukup mewarnai kehadiran mediator internasional Kofi Annan ke Damaskus.

Sementara itu, Turki juga mengatakan bahwa negaranya terus memantau latihan perang yang digelar Suriah. Turki menegaskan kembali, negaranya tidak ingin diganggu oleh latihan perang itu.

"Bila mereka (Suriah) mencoba untuk menyampaikan peringatan kepada negara tetangganya, termasuk Turki, mereka harus mengetahui bahwa kami bukanlah pihak yang harus diberi peringatan. Kami terus memantau pergerakan militer Suriah di wilayah itu, terutama setelah mereka menembak jatuh jet tempur kami," ujar Kementerian Luar Negeri Turki. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »