OKI Desak Penyelidikan Pembantaian Muslim Myanmar

Kamis, 12 Juli 2012 11:02 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Warga Muslim Rohingya (smh) Foto : Warga Muslim Rohingya (smh) JEDDAH - Organisasi Konferensi Islam (OKI) berupaya untuk mengirimkan delegasi ke Myanmar untuk mencari solusi guna menyelamatkan warga Muslim di negara tersebut. OKI juga meminta Myanmar agar menyelidiki kasus pembantaian di wilayah Arakan.

Sekretaris Jendral OKI Ekmeleddin Ihsanoglu terus mencari cara untuk mendesak Myanmar agar bertindak mengakhiri penderitaan warga Muslim Rohingya. Selama ini, OKI berupaya mengambil tindakan dengan memanfaatkan bantuan dari kantor-kantor perwakilan OKI di Swiss, Amerika Serikat (AS), Belgia.

Ihsanoglu juga mendesak Pemerintah Myanmar agar menyelidiki kasus pembantaian warga Muslim Rohingya dan membawa tersangka ke pengadilan. Selain itu, Pemerintah Myanmar pun diminta untuk menjamih hak-hak warga Rohingya yang merupakan warga minoritas di negeri yang sempat dipimpin junta militer itu. Demikian keterangan tertulis dari OKI yang diterima Okezone, Kamis (12/7/2012).

Surat juga dilayangkan oleh Ihsanoglu ke tokoh pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi. Dalam surat itu Ihsanoglu meminta bantuan Suu Kyi agar turut serta membantu dan mengakhiri penderitaan warga Rohingya.

Ihsanoglu sudah memberitahukan negara-negara yang menjalin kemitraan dengan Myanmar tentang peristiwa ketidakadilan di wilayah Arakan. Selain itu, laporan mengenai peristiwa pembantaian itu sudah disampaikan oleh delegasi OKI ke Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »