Iran Dituding Kirim 100 Mata-mata ke Turki

Minggu, 02 September 2012 12:01 wib | Khairisa Ferida - Okezone

Ilustrasi Ilustrasi ISTANBUL - Badan Intelijen Turki mengklaim, sejak Maret 2012 Iran telah mengirimkan sekira 100 mata-matanya ke Turki. Hal ini terungkap setelah sebelumnya sembilan mata-mata yang bekerja untuk intelijen Iran berhasil diamankan.

Mata-mata Iran ini kabarnya datang ke Turki dengan menyamar sebagai jurnalis dan staf kedutaan. Selanjutnya kelompok ini menjalin kontak dengan anggota Partai Pekerja Kurdistan untuk mendapatkan informasi terkait dengan instalasi militer dan pengungsi Suriah. Demikian seperti dilansir surat kabar Zaman dan dikutip Trend, Minggu (2/9/2012).

Kegiatan para mata-mata ini utamanya berlokasi di sejumlah provinsi yang terletak di bagian timur dan tenggara Turki.

Sembilan orang mata-mata yang bekerja untuk intelijen Iran itu kabarnya ditangkap di Provinsi Igdir, Iran. Sementara itu dua orang warga Iran yang kabarnya ditugaskan untuk mencari informasi terkait oposisi Suriah di Turki ditangkap dalam sebuah operasi khusus.

Mereka yang ditangkap telah diselidiki cukup lama dimana sejumlah barang bukti berupa foto juga ditemukan. Informasi yang berhasil dikumpulkan kabarnya segera dikirim ke badan intelijen Iran.

Delapan warga Turki yang bekerja sebagai mata-mata itu kini ikut ditahan bersama dengan sejumlah warga Iran untuk selanjutnya menghadapi tuntutan pidana.

Tidak hanya sejumlah warga Turki yang diklaim bekerja sebagai mata-mata untuk Iran namun sebelumnya puluhan warga Azerbaijan diketahui tengah menjalani proses peradilan atas tuntutan serupa. Sekira 22 warga Azerbaijan itu dituding bekerja di bawah perintah Pasukan Garda Revolusi Iran.

Sejauh ini Iran belum memberikan konfirmasi terkait dengan kasus ini. (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »