Takut Kalah, Militer Suriah Kerahkan Pasukan Cadangan

Selasa, 04 September 2012 21:04 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Anak-anak Suriah di atas tank militer Suriah (Foto: AP) Anak-anak Suriah di atas tank militer Suriah (Foto: AP) DAMASKUS - Pemerintah Suriah mengerahkan kembali pasukan cadangan mereka, untuk beperang menghadapi kekuatan oposisi Free Syrian Army (FSA). Hal ini menunjukkan militer Suriah mulai mengalami kesulitan menghadapi perlawanan terhadap Presiden Bashar al-Assad, yang sudah berjalan selama 17 bulan.

Beberapa anggota militer Suriah yang sudah membelot mengatakan, puluhan ribu pasukan cadangan telah dikerahkan oleh militer Suriah selama dua bulan terakhir. Pemanggilan ini bertujuan untuk memperkuat pasukan Suriah hingga 300 ribu personel dan berperang melawan pasukan FSA.

"Kami diberikan dua pilihan, tetap bergabung dan membunuh sesama warga Suriah atau melarikan dari kejaran pihak militer," ujar seorang anggota pasukan cadangan yang melarikan diri, seperti dikutip Reuters, Selasa (4/9/2012).

Seorang pejabat militer Suriah di Homs mengatakan sebaliknya. Menurutnya, hanya setengah dari mereka yang dipanggil kembali bersedia untuk bertugas. Menurut pejabat itu, banyak dari kesatuan militer Suriah yang menderita kekalahan dalam pertempuran.

"Ada banyak kekurangan personel. Banyak sekali prajurit yang kalah dalam medan perang dan banyak pula mereka yang desersi," tutur pejabat yang tidak diketahui namanya itu.

Konflik di Suriah sudah menewaskan lebih dari 20 ribu orang. Konflik juga memicu pasukan cadangan memilih untuk melarikan diri daripada mereka harus melawan warga Suriah lainnya.

Pemerintah Suriah tidak pernah memberikan detil lengkap mengenai korban dari pihak mereka. Namun, menurut perkiraan lembaga HAM, the Syrian Observatory for Human Rights mengatakan, hampir enam ribu prajurit dan anggota keamanan Suriah lainya terbunuh dalam pertempuran ini. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »