Etnis Rohingya Coba Masuk ke Malaysia Secara Ilegal

Senin, 17 September 2012 16:40 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Pengungsi Rohingya (Foto: AP) Pengungsi Rohingya (Foto: AP) DHAKA - Penjaga perbatasan Bangladesh (BGB) menahan warga Myanmar yang hendak masuk ke wilayah Malaysia secara ilegal. Delapan warga Myanmar itu turut memasuki wilayah Malaysia dengan 17 warga Bangladesh.
 
"Tim patroli Batalyon 42 BGB menangkap warga yang menggunakan perahu nelayan. Mereka berlayar dari Pulau Shahpari di Teknaf, sekira pukul 03.00 pagi hari ini," ujar Komandan Batalyon Letnan Kolonel Zahid Hasan, seperti dikutip The Daily Star, Senin (17/9/2012).
 
Sebanyak 17 warga Bangladesh dilaporkan dipindahkan ke markas polisi Teknaf, sementara warga Myanmar yang mencoba masuk secara ilegal, dikembalikan ke negaranya. Warga Myanmar yang hendak menyelinap ini, berasal dari wilayah penampungan etnis Rohingya di Cox Bazar, Bangladesh.
 
Pihak Kepolisian Teknaf menyatakan, mereka akan memasukan kasus ini dalam isu penyelundupan manusia. Namun mereka tidak menjelaskan siapa pihak di balik penyelundupan manusia tersebut.
 
Etnis Rohingya di penampungan tidak pernah mendapatkan kebutuhan yang layak bagi hidup mereka. Pihak Bangladesh pun menolak untuk mengizinkan masuknya lembaga swadaya manusia (lsm) yang menyediakan bantuan makanan kepadanya.
 
Warga Rohingya pun tidak pernah diakui oleh Pemerintah Myanmar karena dianggap bukan bagian dari masyarakat Myanmar. Presiden Myanmar Thein Sein pun lebih memilih etnis Rohingya untuk dideportasi atau bahkan ditempatkan lokasi penampungan.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »