AS Anggap Serangan Libya Adalah Ulah Teroris

Kamis, 20 September 2012 09:56 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Dubes AS Chris Steven yang tewas di Libya (Foto: Sky News) Dubes AS Chris Steven yang tewas di Libya (Foto: Sky News) WASHINGTON - Kepala Pusat Kontra teroris Amerika Serikat (AS) Matt Olsen mengatakan, serangan yang terjadi di Konsulat AS di Bengazhi, Libya adalah ulah teroris. Tetapi Olsen menepis bila serangan tersebut sudah direncanakan.

Berbicara kepada Komite Keamanan Nasional dan Hubungan Pemerintah Senat AS, Olsen mengaku jika penyelidik tengah memeriksa indikasi bahwa mereka yang terlibat serangan itu memiliki kaitan dengan Al Qaeda. Dirinya menilai Al Qaeda wilayah Islamic Magribh (AQIM) berada di balik serangan itu.

Insiden yang terjadi tepat pada peringatan 11 tahun serangan 11 September 2001, menewaskan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Libya Christopher Stevens dan tiga orang stafnya. Dirinya tewas akibat menghirup asap yang tebal akibat terjangan roket ke dalam gedung konsulat.

"Dubes Chris Stevens dan tiga stafnya tewas akibat ulah teroris. Namun kami belum memiliki laporan intelijen spesifik mengenai dugaan tersebut untuk saat ini," ujar Olsen kepada komite, seperti dikutip Yahoo News, Kamis (20/9/2012).

"Informasi yang kami miliki saat ini adalah, serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris yang melihat adanya kesempatan," imbuhnya.

Namun Olsen menambahkan, pihaknya masih mencari tahu petunjuk-petunjuk yang membuktikan serangan tersebut memang direncanakan. Sementara pihak penyelidik Federal AS (FBI) menyatakan, pihaknya tengah melakukan wawancara dan mengumpulkan bukti untuk mencari kaitan serangan di Libya dengan protes anti-AS di Sudan, Tunisia dan Yaman serta Mesir.

Protes tersebut dipicu oleh peredaran cuplikan film "Innocent of Muslims" yang dibuat oleh warga AS keturunan Mesir, Nakoula Bassile Nakoula. Film ini dianggap telah menghina Nabi Muhammad dan mengundang kemarahan dari warga Muslim di dunia. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »