PBB Kirim Perangkat Anti-Senjata Kimia ke Golan

Selasa, 18 Desember 2012 13:03 wib | Aulia Akbar - Okezone

Ilustrasi : Tribune Ilustrasi : Tribune GOLAN - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengirim sebuah perangkat anti-senjata kimia ke pasukan perdamaiannya yang ada di Dataran Tinggi Golan. Hal itu ditujukan untuk mewaspadai Suriah yang diduga memiliki banyak senjata kimia.

Kepala Pasukan Perdamaian PBB Herve Ladsous diarahkan oleh Dewan Keamanan PBB untuk meningkatkan keamanan teradap pasukannya yang memantau zona gencatan senjata Suriah dan Israel. Belakangan ini, situasi di Golan pun semakin rawan karena perang internal Suriah yang terus berlanjut.

"Kami sudah mengambil tindakan untuk pengamanan. Bagi personil yang tidak dipersenjatai, kami mengirimkannya perangkat untuk melindunginya dari senjata kimia," ujar Ladsous, seperti dikutip AFP, Selasa (18/12/2012).

Kendaraan-kendaraan lapis baja juga dikirim oleh PBB ke para pasukan tersebut. Sekira 1.000 pasukan PBB yang tergabung dari Austria, Kroasia, India, Jepang dan Filipina masiih menjalankan dinas di Golan. Mereka pun tidak dilindungi oleh perangkat anti-senjata kimia.

Keputusan pengiriman perangkat anti-senjata kimia itu dilakukan setelah lima pasukan Austria terluka akibat serangan di wilayah itu. Suriah dan Israel dinyatakan mulai sulit mengimplementasikan gencatan senjata yang sudah berlangsung sejak 1974 silam.

Ladsous menambahkan pula, PBB mulai mengatur rencana lain berupa pengiriman pasukan internasional ke Suriah, bila Pemerintah Suriah berhasil digulingkan. Meski demikian, Ladsous tidak menjelaskan detil-detil dari rencana tersebut. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »