Militer Korut Ancam Pangkalan Militer AS

Kamis, 21 Maret 2013 11:31 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Pasukan Korut siap hadapi AS (Foto: AP) Pasukan Korut siap hadapi AS (Foto: AP) SEOUL - Komando tertinggi militer Korea Utara (Korut) menyatakan, pihaknya tengah mempersiapkan serangan ke arah pangkalan militer Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Guam dan Okinawa. Korut memastikan serangan tersebut akan disiapkan dengan tepat sasaran.

Pihak Korut memastikan bahwa Guam dan Okinawa sudah berada dalam target serangan mereka. Negara Komunis itu menegaskan, akan melancarkan serangan bila diprovokasi.

"AS disarankan untuk tidak mengabaikan bahwa senjata kami bisa menjangkau pangkalan militer Anderson di Guam. Senjata kami juga bisa mengenai wilayah dataran Jepang, di mana kapal selam nuklir mereka bersandar," ujar juru bicara Komando Militer Korut kepada KCNA, seperti dikutip Reuters, Kamis (21/3/2013).

"Senjata kami juga bisa menjangkau pangkalan militer AS di Okinawa," imbuhnya.

Korut sebelumnya mengeluarkan ancaman untuk menyerang AS dengan senjata nuklir. Tetapi bagi para pengamat militer, ancaman itu hanyalah gertakan karena Korut dianggap belum bisa menyerang AS.

Kemarahan Korut terhadap Amerika Serikat, dipicu pengerahan pesawat pengebom B-52 oleh militer AS dalam latihan perangan bersama Korea Selatan (Korsel). Latihan perang tahun itu berlangsung di wilayah Semenanjung Korea yang hingga kini masih menjadi sengketa antara Korut dan Korsel. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »