Warga India Buat Pakaian Dalam Anti-Pemerkosaan

Kamis, 04 April 2013 11:08 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : pakaian dalam anti-pemerkosaan (techpedia) Foto : pakaian dalam anti-pemerkosaan (techpedia) NEW DELHI - Seorang mahasiswa teknik di India membuat pakaian dalam perempuan anti-pemerkosaan yang bisa mengeluarkan sengatan listrik sebesar 3.800 kilovolt. Pakaian dalam itu juga dilengkapi oleh sensor Global Positioning System (GPS) dan layanan SMS ke kantor polisi.  

Sensor "tekanan" khusus dimasukan ke dalam jahitan wilayah dada di pakaian dalam itu. Bila pelaku pemerkosaan menggerayangi bagian dada korban, pakaian dalam itu akan mengeluarkan kejutan listrik yang sangat kuat, dan bisa melumpuhkan pelaku.

Setelah itu, teknologi pakaian dalam itu akan langsung mengirimkan pesan SMS ke kantor polisi. Polisi pun bisa melacak korban yang memakai pakaian dalam itu lewat sensor GPS yang sudah ditanam di pakaian itu.

"Pakaian dalam dengan GPS, sistem komunikasi global, dan juga sensor tekanan ini bisa mengeluarkan kejutan listrik sebesar 3.800 KV. Pakaian ini juga bisa mengirimkan pesan ke keluarga korban maupun polisi," ujar Manisha Mohan, selaku perancang pakaian dalam itu, seperti dikutip Times of India, Kamis (4/4/2013).

"Bila seseorang mencoba melakukan kejahatan dengan perempuan yang mengenakan pakaian ini, dia akan disetrum dengan sengatan listrik tepat setelah sensor listrik itu aktif. GPS dan modul GSM di pakaian ini akan mengirimkan pesan SMS secara otomatis  ke nomor yang dituju," imbunya.

Detail mengenai pakaian dalam canggih itu bisa dilihat di situs Techpedia. Di situ itu pulalah, rancangan-rancangan pakaian dalam itu dipaparkan dengan jelas.

Seperti diketahui, pemerkosaan menjadi kejahatan yang umum terjadi di Negeri Bollywood. Warga India beserta para pejabat cukup dikejutkan dengan tragedi pemerkosaan massal terhadap seorang mahasiswi India berusia 23 tahun pada Desember lalu. Pemerkosaan itu dilakukan oleh lima orang pria yang salah satunya sudah tewas akibat gantung diri.

Lewat peristiwa itulah, Pemerintah India mulai tergugah untuk bersikap tegas menghadapi insiden pemerkosaan. Selain memicu protes di dalam negeri, kasus pemerkosaan pada Desember lalu juga menuai kecaman dari komunitas internasional. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »