AS Akan Serahkan Sebagian Wilayah Okinawa ke Jepang

Jum'at, 05 April 2013 14:03 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : Marinir AS di Jepang (Xinhua) Foto : Marinir AS di Jepang (Xinhua) TOKYO - Amerika Serikat (AS) sepakat untuk memberikan beberapa wilayah yang mereka duduki di Pulau Okinawa ke Pemerintah Jepang. Kesepakatan itu merupakan mekanisme untuk menghentikan kesalahpahaman antara dua negara tersebut.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Duta Besar AS untuk Jepang John Roos akan menandatangani perjanjian itu pada hari ini. Lewat perjanjian itu, satu wilayah yang ditempati oleh lima fasilitas militer AS dan beberapa wilayah lainnya akan diserahkan ke Jepang.

AS juga sepakat untuk memberikan wilayah yang digunakan sebagai pangkalan udara Futenma pada 2022 mendatang. Pasukan Marinir AS di Futenma juga akan segera dipindahkan ke tempat lain. Demikian, seperti diberitakan AFP, Jumat (5/4/2013).

Pemindahan pasukan Marinir AS dari Futenma juga menuai kritik warga. Pasalnya, mereka akan ditempatkan di wilayah pemukiman yang padat penduduk. Abe dan Presiden AS Barack Obama sudah menandatangani perjanjian mengenai pemindahan pasukan di Futenma meski adanya penentangan warga mengenai hal itu.

Sejauh ini, warga Okinawa turut menuntut adanya pemindahan basis militer AS. Menurut mereka, pulau itu sudah dibebani dengan kehadiran pasukan Negeri Paman Sam.

Sementara itu, Pemerintah Jepang mengatakan bahwa kehadiran AS di negaranya adalah kunci untuk membangun perdamaian. Hal itu juga dimanfaatkan Jepang untuk menjaga keseimbangan militer China, serta memantau situasi Semenanjung Korea yang tidak mudah diprediksi. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »