Latihan Militer Australia, China & AS Jadi Cita-Cita Gillard

Selasa, 09 April 2013 19:02 wib | Aulia Akbar - Okezone

Foto : PM Australia Julia Gillard (Reuters) Foto : PM Australia Julia Gillard (Reuters) BEIJING - Perdana Menteri Australia Julia Gillard berharap dirinya bisa menyaksikan latihan angkatan laut antara negaranya, China dan Amerika Serikat (AS). Australia juga ingin membentuk kemitraan strategis dengan Negeri Panda selaku negara dengan perekonomian terkuat di Asia.

Saat berpidato di forum perdagangan Beijing, Gillard memaparkan keinginannya untuk melakukan kerja sama di bidang energi dan lingkungan dengan China. Namun Gillard tak mengesampingkan ambisinya yang ingin membina hubungan pertahanan dengan China.

"Kerjasama pertahanan antara China dan Australia harus diperkuat. Selama hampir tiga dekade setelah dua negara ini menggelar latihan angkatan laut bersama dan berkomitmen untuk menciptakan kestabilan di kawasan," ujar Gillard, seperti dikutip Reuters, Selasa (9/4/2013).

"Seiring dengan berjalannya waktu, kami sangat ingin melihat kerjasama ini berkembang menjadi kerjasama trilateral yang melibatkan AS," imbuhnya.

Sejauh ini, Australia tampil sebagai satu-satunya mitra terkuat AS di wilayah Asia-Pasifik. Meski China keberatan dengan penempatan 2.500 Marinir AS di Negeri Kangguru itu, Australia tetap mencari cara untuk memperkuat hubungan pertahanan dengan Negeri Panda.

Gillard pun mengumumkan bahwa Australia merencanakan sebuah pembentukan kerangka kemitraan baru. Pembentukan itu telah dicapai usai Gillard menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri China Li Keqiang.

Rencana penguatan hubungan militer Australia dan China sudah diutarakan Gillard sebelum perdana menteri perempuan itu datang ke China. Dalam kunjungannya ke China, Gillard juga membahas isu Korea Utara yang kini menjadi pokok perhatian China. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »