Ciptakan Perdamaian Regional, JK Pakai Cara Santai

Rabu, 24 April 2013 16:01 wib | Aulia Akbar - Okezone

JK bicarakan CAPDI (Foto: Aulia Akbar/Okezone) JK bicarakan CAPDI (Foto: Aulia Akbar/Okezone) JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjelaskan aktivitas Centrist Asia Pasific Democrats International (CAPDI), organisasi non-pemerintah di tataran internasional yang bergerak menciptakan perdamaian. JK mengatakan, dalam menciptakan perdamaian, CAPDI menggunakan pendekatan informal.

"Saya ingin menyampaikan, CAPDI itu ialah suatu organisasi yang menghimpun pimpinan beraliran tengah. Ini didirikan lima tahun yang lalu, anggotanya banyak. Ada  dari Malaysia, Filipina, Thaksin Shinawatra, PM Kamboja Hun Sen, PM Malaysia Najib Razak dan lainnya," ujar JK ketika ditemui wartawan di restoran Dapur Sunda, Bellagio Boutique Mall, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

JK menjelaskan kembali, CAPDI mengusung diplomasi jalur dua (second track) dan mencoba mencari solusi damai dengan cara yang lebih santai ketimbang lewat forum yang diselenggarakan pemerintah suatu negara. Pada 20 hingga 21 Mei mendatang, CAPDI juga akan menggelar pertemuan di Makasar. Jabatan Chairman CAPDI sendiri dipegang oleh JK.

"CAPDI ini juga tempat dimana pimpinan ASEAN secara informal bertemu. Ini lebih bebas makanya ini 2nd track diplomacy. Ini bisa bicara sambil makan sambil santai. Kita bisa minta pengalaman dari Hun Sen (Thailand), Filipina dan lainnya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, JK pun ditanya mengenai perbedaan CAPDI dengan Asian Peace and Reconciliation Council (APRC). Seperti diketahui, JK juga menjadi anggota organisasi tersebut.

"Kalau orientasi yang APRC itu lingkupnya ASEAN. Ini (CAPDI) lebih luas walau orang-orangnya (anggotanya) sama," papar JK. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »