Pertempuran di Suriah Dibantu Ratusan Warga Eropa

Rabu, 24 April 2013 15:22 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Peperangan di Suriah (Foto: AFP) Peperangan di Suriah (Foto: AFP) DAMASKUS - Kepala Anti-Teror Uni Eropa (UE) melaporkan penemuan yang mengejutkan mengenai perang di Suriah. Menurutnya ratusan warga yang berasal dari Eropa, turut berperang di Suriah melawan rezim Presiden Bashar Al-Assad.

Gilles de Kerchove memperkirakan jumlah warga UE yang berada di Suriah mencapai 500 orang. Beberapa pihak intelijen Eropa mengkhawatirkan warga UE itu akan bergabung dengan Al Qaeda dan kemudian kembali ke Eropa untuk melancarkan serangan teroris.

Warga Inggris, Irlandia dan Prancis merupakan salah satu negara Uni Eropa penyumbang terbanyak dari pejuang Eropa yang berperang di Suriah.

"Tidak semua dari mereka sudah radikal ketika meninggalkan negaranya, tetapi sebagian besar radikalisme mereka terbentuk di sana (Suriah). Mereka terus dilatih," ujar De Kerchove, seperti dikutip BBC, Rabu (24/4/2013).

"Kami melihat ini bisa saja memicu ancaman besar ketika mereka kembali ke negaranya," imbuh De Kerchove.

Di seluruh Eropa, pihak intelijen meningkatkan penyelidikan. Inggris dan Belgia dilaporkan telah meningkatkan pelacakan warga yang direkrut untuk berperang di Suriah. Sementara Belanda meningkatkan ancaman teror, akibat banyaknya warga mereka yang kembali dari Suriah dan berubah menjadi radikal. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »