Kakek Mantan Tentara Nazi Ditangkap

Selasa, 07 Mei 2013 11:03 wib | Wahyu Dwi Anggoro - Okezone

Hans Lipschis (Foto: Die Welt) Hans Lipschis (Foto: Die Welt) AALEN – Seorang kakek mantan tentara Nazi Hans Lipschis ditangkap polisi Jerman. Dia dituduh terlibat dalam peristiwa holocaust di kamp konsentrasi Auschwitz.
 
Pihak kejaksaan menyatakan, telah menemukan cukup bukti untuk menuntut Lipsichs. Kakek berusia 93 tahun itu disebut sempat menjadi penjaga di kamp Auschwitz.
 
Kamp Auschwitz merupakan salah satu kamp konsentrasi yang ditakuti pada masa Perang Dunia II. Sekira 1,1 juta orang tewas dalam kamp tersebut, sebagian besar korban adalah warga keturunan Yahudi.
 
“Ini merupakan langkah positif. Semoga ini menjadi awal operasi penangkapan bagi penjaga-penjaga kamp konsentrasi Nazi,” ujar aktivis holocaust, Efraim Zuroff, seperti dikutip AFP, Selasa (7/5/2013).
 
Lipsichs sendiri mebantah tuduhan tersebut. Dia mengaku hanya bekerja sebagai koki di kamp Auschwitz.
 
Banyak anggota Nazi yang melarikan diri setelah Jerman kalah di Perang Dunia II. Mereka pergi untuk menghindari pengadilan kriminal perang di Jerman.
 
Lipsichs dilaporkan sempat bersembunyi di Amerika Serikat (AS). Namun dia diusir pemerintah AS tahun 1983 setelah masa lalunya sebagai tentara Nazi terungkap.
 
(ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »