India, China Lupakan Kisruh Perbatasan

Minggu, 12 Mei 2013 14:15 wib | Wahyu Dwi Anggoro - Okezone

Salman Khursid (Foto: AFP) Salman Khursid (Foto: AFP) NEW DELHI – India mulai memperbaiki hubungannya dengan China. Hubungan kedua negara memburuk setelah sempat terjadi insiden di wilayah perbatasan bulan lalu.
 
Saat itu India menuduh Tentara China memasuki wilayahnya. India bahkan sempat berniat melakukan tindakan untuk mengusir Tentara China yang menyusup. China sendiri membantah keras tuduhan dari India.
 
“India tidak akan memperpanjang lagi masalah tersebut. Selama ini China adalah negara yang bersahabat,” ujar Menteri Luar Negeri India Salman Kurshid, seperti dikutip AFP, Minggu (12/5/2013).
 
Kurshid baru-baru ini mengunjungi China untuk meredakan ketegangan di antara kedua negara. Dia menyatakan, India dan China akan mengirim delegasi untuk membahas isu kerjasama perbatasan.
 
“Kami sepakat insiden seperti kemarin tidak akan mengganggu hubungan baik yang telah dijalin kedua negara sejak lama,” terang Kurshid.
 
India kini sedang mempersiapkan kunjungan Perdana Menteri China Li Keqiang yang baru saja diangkat Maret lalu. Sebagian pengamat menyatakan, kunjungan Li menunjukkan pentingnya India di mata China.
 
(ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »