Israel Siap Serang Kiriman Rudal Rusia ke Suriah

Rabu, 29 Mei 2013 13:17 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Foto: AFP Foto: AFP TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon merasa khawatir dengan laporan pengiriman rudal dari Rusia ke Suriah. Menurut Yaalon, pihaknya siap untuk menggagalkan pengiriman tersebut.

"Rencana Rusia untuk mengirim rudal anti-pesawat ke Suriah adalah sebuah ancaman. Israel siap untuk menggunakan kekuatan menghentikan pengiriman tersebut," ujar Yaalon, seperti dikutip the Washington Post, Rabu (29/5/2013).

Peringatan dari Moshe Yaalon meningkatkan ketegangan antara Negara Yahudi itu dengan Rusia, menyusul rencana penjualan rudal S-300 ke Suriah. Rusia pun menegaskan pihaknya tetap berkomitmen atas perjanjian penjualan itu.

Israel terus melobi Rusia untuk menghentikan penjualan rudal, mereka khawatir rudal itu akan merusak keseimbangan di wilayah Timur Tengah dan bisa jatuh ke tangan teroris. Negara Yahudi itu mengkhawatirkan rudal ini bisa jatuh ke tangan Hizbullah yang menjadi rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Israel pun terus melakukan serangan udara ke Suriah dalam beberapa bulan terakhir. Serangan udara itu diyakini ditujukan untuk menghancurkan pengiriman senjata, meskipun Israel tidak mengkonfirmasi serangan tersebut.

Pengiriman rudal Rusia ke Suriah bisa membatasi kemampuan Israel untuk bertindak. Tidak jelas apakah jet tempur Israel memasuki wilayah udara Suriah untuk merencanakan serangan. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »