Timor Leste Ngebet Masuk ASEAN

Rabu, 05 Juni 2013 10:01 wib | Wahyu Dwi Anggoro - Okezone

Xanana Gusmao (Foto: AFP) Xanana Gusmao (Foto: AFP) SINGAPURA – Timor Leste terus berambisi untuk bergabung dengan ASEAN. Perdana Menteri Xanana Gusmao menyatakan, negaranya akan menyiapkan hal yang diperlukan untuk menjadi anggota ASEAN.
 
“Dalam era globalisasi, sebuah negara tidak bisa hidup sendiri. Timor Leste adalah bagian dari kawasan Asia Tenggara,” ujar Guismao dalam kunjungannya ke Singapura, seperti dikutip Channel News Asia, Rabu (5/6/2013).
 
“Jika kami bergabung dengan ASEAN, maka kami dapat lebih banyak berkontribusi untuk perkembangan dunia,” lanjutnya.
 
Timor Leste sebenarnya sudah ingin bergabung ke ASEAN sejak lama. Namun, niatnya itu masih dihalangi oleh beberapa negara anggota ASEAN.
 
Singapura dikabarkan keberatan karena Timor Leste masih terlalu miskin. Sedangkan, negara yang mendukung keanggotaan Timor Leste di antaranya adalah Indonesia.
 
Pemerintah Timor Leste mengaku mereka sadar negaranya belum siap dalam hal SDM dan Infrastruktur. Namun mereka menggarisbawahi perkembangan ekonomi Timor Leste yang pesat.
 
Ekonomi Timor Leste tumbuh sepeuluh persen setiap tahunnya. Namun, negara itu masih kesulitan mengatasi kemiskinan ekstrim yang dialami sebagian warganya.
 
(ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »