Cara Kreatif Demonstran Turki Hindari Gas Air Mata

Rabu, 05 Juni 2013 19:06 wib | Wahyu Dwi Anggoro - Okezone

Masker Unik Demonstran Turki (Foto: AP) Masker Unik Demonstran Turki (Foto: AP) ISTANBUL – Serangan gas air mata menjadi ancaman utama demonstrans anti-pemerintah di Turki. Mereka terpaksa mencari cara agar dapat menghindarinya.
 
Cara yang umum digunakan antara lain dengan menggunakan masker gas. Namun, jumlah masker yang dimiliki demonstran sangatlah terbatas.
 
Para pendemo tidak kehilangan akal. Mereka membuat masker gas sendiri dari barang-barang yang mudah didapatkan.
 
Seperti dilansir Assocoated Press, Rabu (5/6/2013), beberapa pendemo memakai masker gas yang dibuat dari botol air mineral. Sebagian lainnya bahkan menutup wajahnya dengan plastik untuk makanan.
 
Setidaknya dua orang demonstran dan ribuan lainnya luka-luka akibat kekerasan aparat. Salah satu demonstran, Abdullah Comert, tewas akibat menerima tembakan dari pihak yang tidak dikenal.
 
Selain melawan aparat, para demontran juga harus menghadapi kelompok misterius. Kelompok itu membantu petugas memukuli pendemo dengan tongkat.
 
Sebagian pihak menduga kelompok itu sengaja diturunkan oleh Pemerintah Turki. Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan sempat mengatakan akan mengerahkan pendukungnya untuk membalas serangan demonstran.
(ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »